Selasa, 10 Juli 2012

Makanan Sehat Untuk Bayi dan Anak


Apa yang Dimakan Anak dan Mengapa Sangat Penting?

Saat ini anak tumbuh dalam dunia yang menawarkan berbagai pilihan makanan yang belum pernah ada sebelumnya. Produk baru yang dirancang untuk memenuhi keinginan kita akan makanan yang atau tampaknya sehat.

Anak Bukanlah Orang Dewasa Kecil



Anak bukanlah sekedar diberi makanan orang dewasa yang porsinya diperkecil. Prioritas nutrisi yan diberikan adalah untuk tumbuh kembang dengan baik. Banyak anak menyantap makanan tidak seimbang. Orang mempunyai hasrat yang besar untuk mendapatkan informasi mengenai nutrisi. Kenyataan makanan yang diberikan teridiri dari minuman bergula dan camilan tidak bergizi.

Apakah Makanan Sehat?

Makanan Sehat adalah makanan yang cukup dan seimbang serta dapat menunjang tubuh kembang anak.

Apakah Makanan Seimbang?

Makanan yang beraneka ragam mengandung semua unsur zat-zat gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak, seperti :

1.    Bahan makanan sumber zat tenaga. Contohnya : beras, nasi, mie, bihun, jagung, ubi,  singkong,tepung-tepungan, yang mengandung karbohidrat, minyak, mentega, margarine dan santan yang mengandung lemak
2.    Bahan makanan sumber Zat Pembangun yang berperan sangat penting untuk perkembangan kecerdasan anak. Contohnya : ikan, telur, ayam, daging, susu dan hasil olahannya, kacang-kacangan, tahu dan tempe
3.    Bahan makanan sumber Zat Pengatur yang berperan untuk melancarkan bekerjanya fungsi organ-organ tubuh. Contohnya : semua sayuran dan buah-buahan.

Kriteria Makanan Sehat :

  1. Cukup kuantitas (sesuai kebutuhan)
  2. Proporsional (karbohidrat 60%, lemak 25% dan protein 15%, cukup vitamin dan mineral
  3. Cukup kualitas (warna, rasa, gizi dan aman)
  4. Sehat/higienis (bebas dari kuman dan penyakit)
  5. Makanan segar alami (bukan suplemen)
  6. Cara masak jangan berlebihan
  7. Teratur dalam penyajian
  8. Frekuensi makan
  9. Minum air secukupnya (minimal 2 liter / 8 gelas sehari)
Gizi Untuk Pertumbuhan Anak





Siapakah Anak Pra Sekolah ini?

Anak umur 1- 6 tahun termasuk kelompok anak pra sekolah.
Karakteristik:
Pertumbuhannya tidak secepat masa bayi
Aktifitasnya banyak
Sangat mudah menderita kekurangan gizi dan terkena penyakit infeksi


Berdasarkan perkembangannya kelompok ini terbagi atas :


1.  Umur 1 – 3 tahun
·       
  • Makanan tergantung dari yang disediakan ibu
  • Makanan bertahap mulai dari lunak
  • Diarahkan mengikuti pola makan orang tua
    2.  Umur 4 – 6 tahun

  • Telah aktif memilih makanan yang disukai
  • Dapat diberikan pendidikan gizi di rumah
  • Kebiasaan makan yang baiki diterapkan
  • Makanan teratur

Pengaturan Makan pada Anak
  1. Cukup Kalori
  2. Cukup Lauk Hewani maupun Nabati
  3. Tersedia sayuran hijau tua
  4. Sayuran dimasak dengan minyak –> yang akan mempermudah penyerapan vitamin A, D, E dan K
  5. Komposisi Hewani dan Nabati 1:1
  6. Sebaiknya ditambah dengan susu
Berikut Beberapa Tips Praktis Menu dan Gizi Seimbang :

  1. Makanlah makanan yang fungsinya untuk memenuhi kecukupan stok energi dalam tubuhMakanlah semua ragam aneka makanan (yang pasti halal)
  2. Makan sumber Karbohidrat, contohnya beras, jagung, kentang, umbi-umbian, tebu, gandum dll, setengah dari kebutuhan energi
  3. Batasi konsumsi lemak atau minyak yang berlebih
  4. Gunakan garam yang beryodium
  5. Makanlah makanan sumber zat besi, contohnya di sayuran yang daunya hijau dan buah-buahan
  6. Berikan ASI saja sampai bayi umur 6 bulan
  7. Biasakan untuk makan pada pagi hari
  8. Minumlah air putih yang bersih, aman dan cukup jumlahnya
  9. Olah raga secara teratur dan berjemurlah paling tidak 10 menit setiap pagi
  10. Say NO to Alkohol, rokok dan obat-obatan terlarang
  11. Makanlah sesuai dengan kebutuhan dan pastikan makanan tersebut aman dipencernaan
  12. Bacalah label pada kemasan makanan, pastikan komposisinya aman dan teliti kadaluarsanya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar